Minggu, 08 November 2009

DRY CLEANING = MENCUCI TANPA BASAH?


PDF Print E-mail
Jan 08, 2009 at 07:00 AM
6506 BAGAIMANA cara pakaian kamu di cuci? Tentu menggunakan air dan sabun. Tapi pernahkah kamu mendengar istilah “dry cleaning?” biasanya ayah atau ibu kamu mencuci baju tertentu (biasanya baju jas atau busana dari bahan tertentu) dengan membawa ke tempat pencucian (laundry) dan memilih dicuci “kering” atau dry cleaning tadi. Benarkah pakaian itu tidak dicuci secara “basah”? bagaimana cara kerja dry cleaning tersebut? Beberapa bahan kain yang terbuat dari wool, rayon, sutera, akan “mengkerut”, dan berubah warna  jika dicuci dengan air dan sabun. Hal teresbut disebabkan karena beberapa serat pakaian memiliki kemampuan “menyerap” air, sehingga perubahan “bentuk” tidak dapat dihindarkan.
610x Namun pakaian yang mau di “dry cleaning” itu tetap di cuci dengan cairan (walaupun bukan oleh air), tapi oleh cairan lain yang biasanya adalah perclhoretylene Perchloroetylene (perc). Pakaian kamu tidak “diucek-ucek”, tapi hanya di benamkan di dalam cairan tadi untuk beberapa saat.
Cairan ini sangat berbahaya bagi tubuh kamu, sehingga biasanya “dry cleaning” tidak dilakukan di rumah, tapi di tempat yang memiliki alat “pencelupan” khusus.
2217466 Nah apakah kamu masih menganggap “dry cleaning” itu benar-benar kering? Tapi memang sih, baju-baju itu tidak “dicuci” oleh air. Tapi pasti basah oleh cairan pembersih tadi kan?***
(dari berbagai sumber)
(foto istimewa)


Sumber : http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=714&Itemid=56


Tidak ada komentar: