Minggu, 22 November 2009

Tombol Lenovo Onekey Recovery

Bagi anda pemilik notebook Lenovo berbagai seri, tentu melihat satu tombol di sebelah power button yang bernama Onekey Recovery button. Dasar Lenovo, pelit banget kasih info detail mengenai manfaat tombol ini. Bahkan waktu saya pencet, tidak menghasilkan apa-apa selain booting normal Windows XP saya. Di lembaran manual bawaan Lenovo G430 saya (yang tipis banget kayak instruction manual mesin cuci WA60N2 Samsung saya) sama sekali ngga berguna.
Tadinya saya pikir kalo saya kasih bootable CD disk di DVD drive lalu saya pencet Onekey Recovery button akan otomatis boot dari DVD. Waktu saya coba, ternyata tetep aja booting sequence mengikuti apa yang kita setting dari Lenovo BIOS nya. Heeeh, jadi apa sih sebenernya fungsi tombol Onekey Recovery ini?
Akhirnya kepepet juga googling di forum Lenovo. Gendengnya, ngga ketemu juga penjelasan detail tentang Onekey Recovery button ini. Akhirnya mencoba meraba-raba apa yang mereka maksud dengan fungsi tombol ini dan inilah gambaran saya. Bisa aja salah ya.
Ide dasarnya begini, bagi anda yang advanced computer users, feature Onekey Recovery ini sama sekali ngga berguna. Feature ini disiapkan bagi anda-anda yang gaptek computer dan operating system.
Detailnya gini, dari pabriknya, Lenovo bikin 3 partisi di HDD. Yaitu drive C yang tidak terlalu besar dan hanya cukup utk sistem operasi. Lalu ada drive D yang jauh lebih besar dan di sinilah kita musti install program dan simpan data-data kita (musik, MP3, film Miyabi, dll) di drive D ini. Lalu ada partisi ketiga tanpa nama dan tidak terlihat (invisible) dan digunakan oleh Lenovo untuk melakukan backup sistem kita dari drive C.
Cara kerjanya adalah software Recovery dari Lenovo akan rutin melakukan backup drive C ke invisible drive. Sehingga saat kita boot melalui Onekey Recovery button, maka software Lenovo akan membantu pemulihan sistem berdasarkan backup data yang disimpen di invisible drive tadi. Sehingga Lenovo sama sekali tidak mengijinkan perubahan ukuran semua partisi dari pabrik (factory setting). Karena itu berarti akan menghapus software Recovery Lenovo yang sudah ditanamkan di HDD notebook Lenovo.
Nah ini yang paling bikin qeqi. Rupanya software recovery Lenovo akan ditanamkan apabila kita membeli notebook Lenovo yang sudah dilengkapi dengan pre-installed Windows sebelum dipasarkan. Jadi bagi kita-kita yang punya Lenovo notebook yang diisi dengan FreeDOS, jangan harap ada Onekey Recovery feature nya.
Dan semua items di atas dilakukan pabrik Lenovo tanpa peringatan kepada pengguna. Edan tenan.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih infonya.

Pantesan waktu di pencet2 tombol OKR nya ga fungsi. waktu beli operating nya dos, w intal win 7 dan semua driver termasuk okr. coba punya coba eh gak berhasil. jadi nyesel ni beli Dos padahal bedanya cuma dikit aja.
rencana mo dijual aja ni dan beli yg udah dengan win7.

Unknown mengatakan...

mungkin anda salah instal.stau saya one key recovery itu ada di semua product lenovo.

edi juandi mengatakan...

mas, kl aku bingung, tiba2 tampilan shortcut semua jadi sama yaitu gbr notepad, buka apapun masuknya ke notpad onekey recovery, gmn utk membatalkan itu?
trims

Unknown mengatakan...

ane punya laptop lenovo g40 tapi gak nemuin tombol one key recovery nya dimana.
tolong kasih tau donk dimana letak nya.

trims cha.

Anonim mengatakan...

ada di sebelah nya ces biasanya mas dawar

Dewins mengatakan...

Kalau muncul tulisan aneh pada lenovo g40,gmana mengatasinya?

Unknown mengatakan...

maaf saya mau tanya, laptop lenovo ku g40-45, dari beli sudah ada win8 ori nya. tp gara2 kesalah nomer seri nya keganti jadi sekarang tidang ori lagi, apakah dg one key recovery bisa dikembalikan ke win8 original lagi?
lalu kalau win ori nya diinstal ulang ke win lain kalau pakai one key recovary apakah bisa kembali jga ke sedia kalah , mohon bantuanya. trimakasih

Unknown mengatakan...

haha.saya juga penasaran dengan fungsi tombol tersebut.
ternyata gak ada fungsi toh.
alias variasi.

Browdika mengatakan...

Bisa nggak Mas menginstal lenovo ideapad S10-3C tanpa flash disk...