Selasa, 13 Oktober 2009

Fren Unlimited dengan Modem Nokia 2865 CDMA

Dalam tulisan terdahulu saya pernah menginformasikan tentang Fren Unlimited dan Mobi, pernah juga dulu menulis tentang Fren time based yang memanfaatkan ISP diluar Fren (untuk saat ini model time based ini sepertinya sudah tidak ada lagi di Fren). Tulisan saya kali ini akan membahas lebih lanjut tentang Fren Unlimited, dan modem yang saya gunakan adalah modem ponsel Nokia CDMA 2865.
Untuk koneksi di sini saya tidak menggunakan kabel data CA-53, karena di laptop saya sudah terinstall PC Suite versi 7.1 (untuk versi 7.1 ini tidak bisa mendeteksi fungsi modem pada Nokia 2865). Sebagai gantinya saya gunakan bluetooth (dengan dongle bluetooth usb) dan software IVT Bluesoleil versi 1.6.1.4 (versi lama).
Paket Fren unlimited yang saya gunakan adalah Paket Merdeka (unlimited selama 5 bulan). Setelah saya melakukan pengisian pulsa sebesar 50 ribu, saya kirim registrasi aktivasi Fren Unlimited ke 777 dengan format sms: REG MAX50. Beberapa saat setelah saya kirimkan sms tersebut saya mendapatkan jawaban berisi username, password, dan dial number untuk bisa menggunakan paket unlimited tersebut (jadi tidak mengurangi pulsa reguler).
Langkah berikutnya adalah melakukan pairing antara laptop dengan Nokia 2865 (info lebih detil pairing bluetooth, bisa membaca tulisan tentang koneksi internet dengan bluetooth).

Setelah pairing sukses, kita masuk ke setup koneksi berdasarkan parameter yang diterima melalui sms (username, password, dan dial number) dengan memilih ikon Dial Up Connections pada IVT BlueSoleil, isikan parameter yang ada kemudian klik Dial. Jika koneksi berhasil maka kita bisa terhubung ke internet


Saya mencoba melakukan pengujian menggunakan Speedtest.net dan Pingtest.net. Dari pengujian dengan Speedtest.net saya mendapatkan kecepatan download 80 Kbps dan upload 60 Kbps (kondisi sinyal di ponsel menunjukkan 2 bar dari maksimal sinyal 5 bar), sedangkan dari Pingtest.net diperoleh hasil Packet Loss 0%, Ping 941 ms, dan Jitter 399 ms, serta poin nilai keseluruhan adalah F.


Dari hasil tersebut, menurut saya pribadi cukup lumayan jika dibandingkan dengan biaya per bulan rata2 yang harus saya keluarkan sebesar Rp 33 ribuan (paket free unlimited 9 bulan), dan kondisi sinyal hanya 2 bar. Koneksi yang dihasilkan pun relatif stabil, dilihat dari Packet Loss 0% menunjukkan data yang dikirim dan kembali tidak ada yang hilang atau berkurang.
Demikian teman-teman hasil percobaan sederhana yang telah saya lakukan, dan seperti biasa, semoga bermanfaat.

 Sumber : Victor

Tidak ada komentar: