Selasa, 13 Oktober 2009

Koneksi Internet dengan Kartu CDMA Smart

Sebagai kelanjutan dari posting terdahulu tentang koneksi internet, sekarang saya coba untuk membuat tutorial bagaimana memanfaatkan kartu CDMA Smart sebagai sarana koneksi internet. Sebagai pengingat saja, posting terdahulu pernah saya tulis tentang koneksi dengan kartu CDMA Fren, Starone, dan Flexi, sedangkan untuk kartu GSM pernah juga saya tulis tentang IM3, Telkomsel Flash, AXIS, dan Three.
Seperti biasa, dalam tutorial ini saya masih mempergunakan ponsel Nokia CDMA 2865 dengan kabel data CA-53 (original Nokia), dan laptop AXIOO dengan Windows XP Professional SP2. Aplikasi pendukung yang saya gunakan adalah Nokia PC Suite 6 (catatan: saya mencoba dengan Nokia PC Suite 7, ternyata mengalami kesulitan dalam deteksi ponsel Nokia CDMA 2865).
Masih seperti seting koneksi internet yang saya tulis sebelumnya, ada 2 bagian yang perlu dilakukan dalam koneksi internet ini, pertama melakukan seting modem ponsel, dan kedua melakukan seting koneksi internet itu sendiri.
Untuk bagian pertama, yaitu melakukan seting modem. Setelah Nokia PC Suite terinstall dan berhasil mendeteksi ponsel CDMA sebagai modem, maka kita lanjutkan masuk ke Control Panel, dan pilih Phone and Modem Options, kemudian pilih tab Modems. Klik modem ponsel yang kita gunakan (disini saya gunakan Nokia 2865) dan klik Properties.

Masuk pada tab Advanced, dan masukan Extra initialization commands dengan at+crm=1.

Kemudian kita menguji respon dari ponsel CDMA kita dengan masuk ke tab Diagnostics dan klik Query Modem. Jika berhasil maka akan muncul respon dari ponsel.

Sampai di sini seting modem ponsel CDMA telah selesai. Langkah berikutnya adalah melakukan seting koneksi itu sendiri.
Langkah pertama adalah membuat koneksi baru dengan masuk Control Panel dan klik Network Connection, di sini kita pilih Create a new connection.

Ikuti langkah-langkah seting sesuai dengan parameter default yang sudah ada yaitu pada Network Connection Type kita pilih Connect to the internet. How do you want to connect to the internet kita pilih Set up my connection manually. Untuk Internet Connection kita pilih Connect using a dial-up modem. Pilih ponsel yang kita pergunakan sebagai modem (di sini saya pilih Nokia 2865) pada Select a Device.
Untuk Connection Name, kita bebas mengisikan (saya gunakan nama Smart Connection)

Phone Number to Dial, kita isikan ‘#777’ (tanpa tanda petik).

Internet Account Information, kita isi User name dengan ‘smart ‘(tanpa tanda petik) dan Passwordsmart’ (tanpa tanda petik), ulangi password pada Confirm password.

Selesai sudah proses seting koneksi internet.
Langkah berikutnya adalah melakukan koneksi internet.

Jika koneksi berhasil, maka pada layar kanan bawah akan muncul teks balon koneksi yang sedang berjalan.

Demikian tutorial sederhana ini saya tulis, semoga bermanfaat.

Sumber : Victor

Tidak ada komentar: